Teks pembukaan Undang-Undang 1945


 
Teks pembukaan Undang-Undang 1945 - Sebagai bangsa Indonesia, tentu kita harus berbakti dan memiliki sikap nasionalisme. Salah satu cara untuk membuktikan kalau kita memiliki sikap nasionalisme yaitu dengan menghafal dan memahami Teks Pembukaan Undang-Undang 1945. Jika tidak bisa memahaminya, paling tidak bisa menghafalnya.

Dari kalian, saya percaya banyak yang sudah hafal. Bagi yang belum hafal, saya sediakan Teks Pembukaan Undang-Undang 1945 di bawah ini.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

PEMBUKAAN

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bengsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.


Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.


Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.


Kemudian daripada itu, untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Semoga membantu bagi sobat-sobat yang sedang menghafalkan Teks pembukaan Undang-Undang 1945. Jika ada salah penulisan mohon dikomen ya sobat-sobat. Terima kasih untuk kerjasamanya.

Related Posts:

0 Response to "Teks pembukaan Undang-Undang 1945"

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.